Minggu, 14 November 2010

Makassar Promosi Wisata Bahari ke Las Vegas

MAKASSAR -- Hanya berselang dua pekan setelah melakukan promosi wisata di Melbourne, Australia, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Makassar, kembali beranjak "terbang" ke Las Vegas, Amerika Serikat, Senin 14 November, hari ini.

"Makassar ikut ambil bagian dalam pameran Diving Equipment And Marketing Asociation atau DEMA Show 2010 yang akan berlangsung di Las Vegas, Nevada, Amerika Serikat, 17-20 November 2010. Besok (hari ink) saya akan berangkat," ungkap Kepala Dinas Kebudayaan Dan Pariwisata Kota Makassar, Rusmayani Madjid, Minggu, 14 November.

Dia mengatakan, dalam pameran berskala besar ini, Makassar diminta memperkenalkan potensi objek wisata bahari Sulawesi Selatan, khususnya di Makassar.

"Saya berangkat untuk mempromosikan potensi bahari Makassar di Amerika atas undangan kementerian Kebudayaan dan Pariwisata, Dirjen Promosi. Jadi biaya semuanya ditanggung Pemerintah pusat, bukan dibiayai dari APBD Makassar," jelas Rusmayani.

Menurutnya, dalam surat Kementerian Kebudayaan dan  Pariwisata diperkirakan 12 ribu pengunjung akan hadir dalam pameran bahari dunia itu. Di sana Makassar akan diberikan kesempatan mempromosikan potensi wisata bahari di Sulsel termasuk Takabonerate dan objek yang ada di Kepulauan Pengkep.

"Tadinya saya pikir ada Disbudpar Provinsi Sulsel ikut, ternyata tidak diundang. Jadi Ini benar-benar kesempatan kita mempromosikan Makassar dan kabupaten bahari lainnya di Sulsel pada tingkat internasional," ujar Rusmayani Madjid.

Berdasarkan petunjuk Kementerian Kebudayaan dan Pariwisata, kata dia kota Makassar sebagai satu-satunya kota yang terlibat dalam pameran dunia itu bersama dengan pemerintah daerah lainnya yang sebagian besar diwakili pemerintah provinsi masing-masing seperti Pemprov Sulawesi Utara, Pemprov Bali dan Pemprov Papua Barat.

Dalam kegiatan ini, lanjut dia sebanyak 800 peserta pameran akan hadir yang berasal dari organisasi profesi penyelaman dunia, "cruise ship owner", "boat marine product", "travel agent" dan pelaku usaha Internasional akan meramaikan pertemuan yang akan diadakan di Las Vegas, Amerika Serikat.

Direktur Eksekutif Badan Pengembangan dan Promosi Pariwisata (BP3M) Makassar, Nico B. Pasaka menyambut baik keterlibatan kota Makassar dalam pameran Internasional terbesar di dunia itu.

"Ini kesempatan besar, semoga adanya peluang kerjasama yang dapat mengangkat nama kota Makassar sebagai pusat informasi objek serta potensi wisata bahari yang ada di kawasan timur Indonesia," kata Nico.(fajar)
Powered by Telkomsel BlackBerry®

Tidak ada komentar:

Posting Komentar