Selasa, 07 Desember 2010

Makassar Kota Terbaik Layanan dan Tujuan Wisata

MAKASSAR -- Kota Makassar ditunjuk sebagai kota terbaik dalam layanan wisata dan kota tujuan wisata favorit dalam ajang penyelenggaraan Indonesia Tourism Award ( ITA ) 2010.

Walikota Makassar Ilham Arief Sirajuddin di Makassar, Rabu 8 Desember, mengatakan kegiatan ITA Award 2010 itu diselenggarakan oleh Kementerian Kebudayaan dan Pariwisata (Kemenbudpar) dan majalah SWA.

Ia mengatakan, penganugerahan ITA 2010 diberikan melalui proses survei di 25 kota/kabupaten yang dipilih berdasarkan besarnya anggaran yang mereka alokasikan dalam APBD dan "focus group discussion" (FGD).

Selain Makassar, 25 kabupaten/kota terpilih tersebut adalah: Bangka Belitung, Bukit Tinggi, Kabupaten Bandung, Kabupaten Bogor, Kabupaten Cianjur, Kabupaten Cirebon.

Kabupaten Garut, Kabupaten Tangerang, Kota Balikpapan, Kota Bandung, Kota Batam, Kota Denpasar, Kota Malang, Kota Medan.

Kota Palembang, Kota Samarinda, Kota Semarang, Kota Surabaya, Kabupaten Lombok Barat, Kota Manado, Provinsi DI Yogyakarta, Provinsi DKI Jakarta, Kota Solo dan Kabupaten Toraja.

Adapun kategori yang disurvei meliputi: Kabupaten/kota terbaik dalam layanan wisata, kota tujuan wisata favorit, objek wisata favorit, industri penunjang pariwisata terbaik yang dibagi dalam 9 bagian kategori.

Hotel tidak berbintang , Hotel berbintang, Maskapai Penerbangan, Biro Perjalanan Wisata, Taksi, Restoran, Golf, Spa dan Mal.

Selain itu, juga dipilih berdasarkan kompetisi program, yaitu Pemerintah Provinsi yang paling berkomitmen terhadap pengembangan pariwisata.

Penerimaan penghargaan itu diterima langsung oleh Wakil Wali Kota Makassar Supomo Guntur di Jakarta.

"Dengan adanya penghargaan ini, diharapkan akan semakin memacu pertumbuhan industri pariwisata di Makassar, serta menjadi peluang untuk mendatangkan wisatawan lebih banyak lagi," terangnya. (sul)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar